Basic Skincare Untuk Pemula

Halo guys! udah lama banget ya ngga update skincare review disini. Nah untuk kalo ini aku mau berbagi ilmu tentang skincare. Jadi kali ini aku mau bahas tentang Basic Skincare.

Apasih Basic Skincare itu? Nah basic skincare itu yaitu skincare dasar yang terdiri dari 4 step. Nah 4 step ini menurutku, step yang penting banget, kenapa? karena basic skincare ini berfungsi sebagai penguat skin barrier. Jadi, sebelum kau beralih ke step serum dan kawan kawannya itu lebih baik kamu kuatkan skincare basic kamu dulu ya, karena kalau kamu sedang breakout dan asic skincare kamu kuat, kamu bisa balik ke basic skincare kamu untuk netralin dan nenangin wajah kamu lagi.

Oke sekarang kita bahas, ada step aja nih basic skincare?
Nanti bakal aku kasih tau nih produk-produk basic skincare holygrail aku.
Kita mulai dari yang pertama yaa..

1. Cleansing
Nah ini step wajib dimana kalian wajib banget untuk melakukan cleansing, terutama double cleansing. Kenapa wajib banget? Karena cuci muka aja ga cukup loh untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran maupun dari makeup yang kamu pakai. First Cleansing ini punya macam macam jenisnya, yaitu ada yang  oilbase, atau waterbase. Nah jenisnya pun beragam, ada oil cleanser, milk cleanser atau pun micellar water. oil cleanser dan milk cleanser ini termasuk ke oilbase, sedangkan micellar water ini termasuk ke waterbase. Nah untuk Second Cleanser ini jenisnya sih rata rata waterbase. Aku lebih menyarankan jika kalian suka memakai makeup lebih baik kalian memakai yang oil base untuk first cleanser karena dapat meluruhkan kotoran makeup dengan lebih sempurna supaya tidak ada kotoran yang menyumbat dan meyebabkan jerawat dan komedo. Baru setelah itu dilanjut dengan second cleanser.

Nah ini aku ada rekomendasi produk yang kebetulan holygrail aku pake buat double cleansing.

First Cleanser aku, caranya inggal ratakan keseluruh wajah lalu dipijat dan di angkat menggunakan kapas


Nah setelah pakai milk cleanser diatas, aku bersihkan lagi sisa-sisanya dengan menggunakan viva face tonic.


Setelah first cleansing selesai, baru aku menggunakan second cleanser. Aku menggunakan cetaphil karena dia mild dan aman bagi kulit sensitif.




2. Toning
Nah pada step ke2 ini, toner pun punya 2 macam ya guys. ada exfoliating toner ada hydrating toner dan balancing toner. Toner toner ini berfungsi sebagai pengembali pH kulit karena saat kita mencuci wajah muka kita jadi memiliki pH yang basa. Exfoliating toner berfungsi sebagai toner yang dapat mengangkat kotoran sekaligus meng eksfoliasi sel sel kulit mati di wajah. Dan berfungsi menyeimbangkan pH wajah menjadi normal. Setelah menggunakan exfoliating toner jangan lupa menggunakan Hydrating Toner yaa, karena exfoliating toner  itu karena kandungan acidnya bisa bikin wajah jadi kering.

Dan hydrating toner ini berfungsi untuk me-prepare kulit kalian sebelum masuk ke tahap skincare selanjutnya dan supaya skincare selanjutnya itu dapat menyerap dengan baik.

Nah ini ada produk holygrail aku untuk Exfoliating Toner dan Hydrating Toner


Exfoliating Toner yang aku pakai sampai sekarang karena saking sukanya. aku pakai ini cukup di malam hari aja setelah mencuci wajah meggunakan kapas yang diusap usap di wajah.


Nah setelah menggunakna exfoliating toner, aku pakai hydrating toner ini dengan cara ditemuk tepuk diwajah sampai menyerap


3. Moisturizing
Nah menurutku ini juga termasuk step penting, karena moisturizer berfungsi sebagai pengunci kelembaban kulit dan tentu aja menutrisi kulit. Moisturizer dibagi menjadi 3 jenis yaitu occlusive, humectant dan emollient, jenis emollient ini cocok untuk pemilik kulit super duper kering. Nah disini karena jenis kulitku kombinasi dan cenderung oily, aku pakai moisturizer yang berbahan humectant yang ringan dan occlusive agar dapat mempertahankan kelembaban di wajah agar wajah ngga makin minyakan.

Nah produk yang bakal aku rekomendasiin ini temasuk ke pelembab jenis humectant tapi dia juga occlusive jadi aman buat kulit oily (ga bikin makin oily) dan tetap menjaga kelembaban kulit.



5. Protecting
Nah ini step terakhir dari basic skincar yaitu protecting, percuma kan udah pakai skincare tapi ngga di protect? Nah maka dari itu jangan sampai nge-skip step ini, untuk menjaga kulit kamu dari jahatnya sinar uva dan uvb kita perlu protection dari sunscreen. Sunscreen pun tebagi menjadi 3 macam, yaitu 
Chemical, Physical, Hybrid Sunscreen. Yang membedakan cuma ingredientsnya aja kok, dan untuk kulit acne prone lebih disarankan untuk menggunakan Physical Sunscreen karena tidak menimbulkan komedo. Physical sunscreen ini ciri cirinya yaitu bisa bikin white-cast di muka, nah karena hal itu aku jadi beralih ke hybrid sunscreen yang ternyata sama bagusnya seperti physical sunscreen tapi ngga menimbulkan white-cast. 

Nah untuk sunscreen aku sudah cinta mati dengan sunscreen ini karena teksturnya yang cair, tidak menimbulkan white-cast, ringan, dan mudah dicari.


Nah, sekian pembahasan tentang Basic Skincare dari aku, semoga bermanfaat!💖💖💖


Komentar

  1. Aku juga pake cleanser dari viva dan sunscreen dari skin aqua

    BalasHapus
  2. bnr bgt kak. yg penting basic nya dulu. klo mw coba2 retinol bisa ntar2 klo basic ny udh bnr hehe

    BalasHapus

Posting Komentar